Cara Menggunakan Mail Marge di Ms.Publisher 2007

Hai hai tulisanku kali ini mengintip pengunaan Ms. Publisher pada kehidupan kita... seperti bikin Piagam, Sertifikat, Kartu Nama, Pamplet, dan masih banyak yang lain yang bisa kita manfaatkan dengan menggunakan Ms. Publisher, jadi gak usah bingung lagi nyari aplikasi buat bikin gituan.. sudah disediakan kok..

nah hari ini saya akan menambah catatan dalam penggunaan Mail-Marge pada Ms. Publisher.  pengalaman ini saya temukan ketika saya mengerjakan sertifikat untuk para Guru yang mengikuti lomba Guru berprestasi, karena begitu repotnya sehingga membutuhkan waktu cepat untuk sertifikatnya harus ada, jadi saya putuskan mengunakan Ms. Publisher. nah dalam pengunaanya yang baru pertama kalinya banyak juga tuh kendalanya seperti setting tata letak sampai dengan isian nama yang harus ketik satu per satu. setelah lelah dan waktu yang banyak terbuang untuk ketik satu satu, saya jenuh jadi terpaksa tanya Om Google untuk pencerahan biar cepat kelar. dan treng teng.... dapat satu cara yaitu pake Mail Marge !!. untuk para kawan semua nih saya share cara penguunaanya biar kawan bisa lebih cepet kerjnya.. so ...cekidott..

seperti kita ketahui, seringkali kita ribet dalam pengetikan nama-nama untuk mengisi Piagam, Sertifikat satu per satu ?? apalagi namanya nyampe ratusan :( bisa kelilipan mata kita ngetik. ditambah letak posisinya harus di atur satu per satu. Nah, dengan menggunakan manfaat lain dari mail merge dengan dijadikan menjadi sebuah database dimana kita hanya menyimpan sebuah atibut yang memang isinya adalah nama – nama yang akan di cetak di sertifikat.

mulai dari :
1. Buka Ms. Publisher (dari mana aja lah biar cepet :) )

2. nah ini tampilan dari Ms. Publisher kalau ingin bikin dari tamplate yang sudah ada bisa dari sini

3.nah karena saya bikin sertifikat dengan blangko yang sudah ada jadi saya pilih Blank page Sizes
4. mulailah saya setting untuk isi sertifikatnya.. treng teng.. sudah kelar setting sehingga seperti ini..
5. dibagian yang tanda merah ini yang perlu saya pakai Mail marge, nah kita mulai dari penggunaan mail Marge , pada Ms. Publisher pilih menu Tools>Mailings and Catalogs>Mail Marge
6. karena saya menggunakan bantuan Ms. Excel untuk membuat database dan selanjutnya pilih 
Use an existing list>Next:Create or Connect to a recipient list
7. pilih data nama piagam atau sertifikat yang sudah dibuat sebelumnya dengan Ms. Excel seperti gambar berikut dan buka atau klik Open

8. selanjutnya gambarnya sebagai berikut 
    letakan kursor di samping nama atau pada angka satu merah>klik nama pada angka dua merah
    lakukang yang sama pada NIP, Pangkat/gol dan Tempat Tugas
9. selanjutnya gambarnya sebagai berikut sudah terisi semua selanjutnya untuk print sertifikatnya
10. selanjutnya untuk print sertifikat yang telah dibuat  klik Next : Create merged publications atau pada gambar yg dilingkari merah dibawan
11. dan terakhir sertifikat bisa di print
nah akhir kata semoga bermanfaat untuk kawan kawan semua apabila ada kendala bisa coment aja nanti saya bantu sebisa saya..

RELATED POST :

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.